VISI MISI PRODI SARJANA TERAPAN ADMINISTRASI BISNIS

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN ADMINISTRASI BISNIS (ABT) akreditasi B

Program Studi Sarjana Terapan berdiri tahun 2012 berdasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 212/E/O/2012 sebagai respon terhadap permintaan tenaga terampil dalam bidang Administrasi Bisnis. Selain itu, program ini dirancang untuk mampu menjawab tantangan dan manfaat setiap peluang bisnis baik ditingkat nasional maupun global di era globalisasi dan 4.0  Keseimbangan antara hard skill dan soft skill menjadi tujuan penyelenggaran program Sarjana Terapan Administrasi Bisnis.

Visi dan Misi Program Studi S1 Administrasi Bisnis Terapan (ABT)

 

PROFIL LULUSAN

            Adapun profil lulusan dari S1- Administrasi Bisnis Terapan adalah:

NO PROFIL LULUSAN DESKRIPSI PROFIL KOMPETENSI 
1 Office Manager a. Memberikan instruksi kepada staf untuk melaksanakan kerja a.Disiplin dan teliti
b. Mengawasi pegawai dalam melaksanakan tugasnya b. Communication skill
c. Mengembangkan metode baru yang lebih efisien dalam kegiatan kerja rutin dan incidental c. Penguasaan managerial skill
d.Menerima tanggung jawab tugas dari atasan d. Kemampuan memberdayakan pegawai
e. Bekerjasama dengan bagian lain di perusahaan e. Berjiwa pemimpin
f. Melaksanakan kebijakan dan keputusan yang ditetapkan perusahaan  
   
2 General Manager a.  Mengelola operasional harian perusahaan a. Manajerial skill
b. Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasi, mengawasi dan menganalisis semua aktivitas bisnis perusahaan b. Komunikasi dan negosiasi
c. Mengelola perusahaan sesuai dengan visi, misi perusahaan c.  Strong leadership
d. Merencanakan, mengelola dan mengawasi proses penganggaran di perusahaan d. Bertanggung jawab
e. Memutuskan dan membuat kebijakan perusahaan e. Soft skill yang baik
f. Membuat SOP perusahaan  
g. Merencanakan dan melaksanakan rencana strategis perusahaan   
3 Manajer Gudang a. Melakukan penerimaan barang dan meneliti kualitas barang a. Manajerial skill
b. Mengecek surat pesanan dan faktur pembelian barang b. Komunikasi dan negosiasi
c. Membuat bukti barang masuk c.  Strong leadership
d. Menyiapkan barang sesuai dengan surat pesanan d. Bertanggung jawab
e.Membuat laporan bulanan stok barang ke bagian logistik e. Soft skill yang baik
f.Mengkoordinir bagian stock keeper dan helper  f. Disiplin dan teliti
g. Membuat surat permintaan barang yang ditujukan kepada manager logistic g. Kemampuan memberdayakan pegawai
   
4 Manajer Distribusi a. Mengelola dan mengarahkan transportasi produk a. Manajerial skill
b. Mengkoordinasikan dan mengendalikan seluruh perencanaan dan implementasi kebijakan distribusi produk b. Komunikasi dan negosiasi
c. Mengendalikan strategi operasional untuk jenis transportasi produk c.  Strong leadership
d. Mengembangkan dan mengevaluasi strategi system distribusi produk d. Bertanggung jawab
e. Memberikan masukan kepada pimpinan unit kerja terkait berdasarkan analisis hasil evaluasi distribusi dan transportasi e. Soft skill yang baik
f. Mengarahkan mengenai penyusunan anggaran f. Disiplin dan teliti
g. Mengelola, mengarahkan dan mengendalikan system kerja unit untuk menciptakan suasana dan kondisi yang kondusif dalam mencapai prestasi kerja g. Kemampuan memberdayakan pegawai
h. Mengelola dan membina hubungan baik dengan bagian pemerintah daerah dan masyarakat  h. Mengelola konflik
  i. Membangun networking
5 Manajer Pembelian  a. Membuat perencanaan pembelian bahan/produk/jasa perusahaan a. Manajerial skill
b. Mengatur pembelian produk b. Komunikasi dan negosiasi
c. Mengatur pekerjaan staf lebih efisien c.  Strong leadership
d.Mencari dan membandingkan supplier untuk mendapatkan harga dan kualitas yang baik d. Bertanggung jawab
e. Memberikan alternatif pengganti untuk barang/jasa e. Soft skill yang baik
f.Melakukan negosiasi harga, penalty, cara dan waktu pembayaran serta pengiriman f. Disiplin dan teliti
g.Membuat pengaduan kepada supplier jika terjadi penyimpangan g. Kemampuan memberdayakan pegawai
h. Mengawasi kegiatan pembelian produk/jasa h. Mengelola konflik
i.  Membuat laporan berdasarkan administrasi pembelian  i. Membangun networking
j. Memproses permintaan pembelian menjadi purchase order  j. Kreatif 
k. Melakukan pengawasan pengiriman dan penerimaan barang  
6 Manajer Produksi a. Membuat rencana produksi a. Kemampuan berkomunikasi
b. Melakukan proses pembagian kerja dan spesialisasi b. Kemampuan mengelola sistem produksi 
c. Melakukan proses pengawasan proses produksi c. Kemampuan manajerial dalam pembagian kerja atau spesialsasi kerja
d. Melakukan pengawasan terhadap kualitas produk d. Quality control
e. Membuat desain produk dan kapasitas produk yang profitable e. Etika dan etiket kerja
f. Merencanakan tempat/lokasi fasilitas yang digunakan  f. Networking yang luas
g. Merencanakan desain tata letak produksi dengan mempertimbangkan teknologi yang ada  
h. Menyusun fasilitas untuk memenuhi rencana produksi   
i. Mengelola informasi tentang produksi yang dibuat  
j. Mengelola rantai pasokan (supply-chain management)  
k. Membuat keputusan membuat, membeli terhadap pemasok   
l. Membuat perencanaan terhadap persediaan kebutuhan bahan dan just in time (JIT)  
m. Membuat penjadwalan untuk jangka pendek dan menengah terhadap laporan kinerja pegawai  
7 Manajer Keuangan a. Merencanakan anggaran/keuangan yang dibutuhkan perusahaan a. Manajerial skill
b. Membuat keputusan terkait investasi dan pembiayaan b. Komunikasi dan negosiasi
c. Menjadi penghubung perusahaan dengan mitra kerja perusahaan c.  Strong leadership
d. Meramalkan aspek keuangan dalam rencana jangka pendek, menengah dan panjang perusahaan d. Bertanggung jawab
e. Mengambil keputusan yang berkaitan dengan investasi e. Soft skill yang baik
f. Mengambil keputusan yang berkaitan dengan pembelanjaan f. Disiplin dan teliti
g. Mengambil keputusan yang berkaitan dengan deviden g. Kemampuan memberdayakan pegawai
h. Merencanakan, mengatur dan mengawasi perencanaan laporan dan pembiayaan perusahaan h. Mengelola konflik
i. Merencanakan, mengatur dan mengawasi anggaran perusahaan i. Membangun networking
j. Merencanakan, mengatur dan mengawasi pengembangan sistem dan prosedur keuangan perusahaan  
k. Merencanakan, mengatur dan mengawasi analisis keuangan  
l. Merencanakan, mengatur dan mengawasi dan memaksimalkan nilai perusahaan  
8 Manajer Pabrik/ Factory Manager a. Menciptakan dan mengembangkan produk mentah dan produk setengah jadi a. Manajerial skill
b. Mengelola fungsi informasi dan pelaporan produk yang dibuat b. Komunikasi dan negosiasi
c. Mengevaluasi laporan yang dibuat divisi HRD c.  Strong leadership
d. Mengevaluasi laporan yang dibuat divisi Import d. Bertanggung jawab
e. Mengevaluasi laporan yang dibuat divisi Purchasing e. Soft skill yang baik
f. Mengevaluasi laporan yang dibuat divisi Logistik f. Disiplin dan teliti
g. Mengevaluasi laporan yang dibuat divisi Produksi g. Kemampuan memberdayakan pegawai
  h. Mengelola konflik
  i. Membangun networking
9 Manajer CSR a. Membuat perencanaan kerja terkait CSR a. Manajerial skill
b. Menyediakan ROI kepada pemegang saham b. Komunikasi dan negosiasi
c. Menciptakan pengupahan dan pekerjaan yang adil c.  Strong leadership
d.Melakukan peran sebagai agen perusahaan dalam pengurusan hukum sesuai prosedur  d. Bertanggung jawab
e.Menentukan pemetaan kebutuhan program yang akan diberikan kepada masyarakat  e. Soft skill yang baik
  f. Disiplin dan teliti
  g. Kemampuan memberdayakan pegawai
  h. Mengelola konflik
  i. Membangun networking
10 Manajer Humas a.  Memelihara terbentuknya saling pengertian, harapan dengan pihak internal dan eksternal perusahaan a. Komunikasi dan negosiasi
b. Menciptakan dan memelihara kerja sama b. Pelayanan prima
c. Membuat aktivitas kerja yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan c.Soft skill dan hard skill yang bagus
d. Membangun komunikasi yang efektif baik di lingkungan internal maupun eksternal d. Inisiatif  dan kreatif
e. Memberikan pelayanan kepada pihak yang ada di lingkungan internal dan eksternal perusahaan e. Kemampuan berbahasa asing 
11 Quality Control Officer a. Menyusun perencanaan terkait kualitas proses dan hasil produksi a. Komunikasi dan negosiasi
b. Membuat perencanaan dan target penjualan perusahaan b. Pelayanan prima
c. Menganalisa masalah yang terkait quality  control (QC) di perusahaan c.Soft skill dan hard skill yang bagus
d. Menyusun dan menyiapkan dokumen terkait QC dan data produksi d. Inisiatif  dan kreatif
e. Memonitor kualitas material serta hasil produksi dengan standar yang ditetapkan e. Kemampuan berbahasa asing
f. Melakukan pemeriksaan terhadap proses produksi  
12 Customer Relations Manager a. Membuat perencanaan kerja mengenai hubungan dengan  pelanggan a. Manajerial skill
b. Membuat pemetaan pelanggan b. Komunikasi dan negosiasi
c. Merancang dan membuat strategi pelayanan kepada konsumen/pelanggan c.  Strong leadership
d. Mengelolan dan membina hubungan dengan konsumen/pelanggan d. Bertanggung jawab
e. Melakukan evaluasi terhadap jenis pelayanan yang telah dilaksanakan kepada konsumen/pelanggan e. Soft skill yang baik
  f. Disiplin dan teliti
  g. Kemampuan memberdayakan pegawai
  h. Mengelola konflik
  i. Membangun networking
   
13 Manajer HRD a. Membuat perencanaan kebutuhan SDM perusahaan a. Manajerial skill
b. Melalukan rekrutmen pegawai b. Komunikasi dan negosiasi
c. Melakukan seleksi pegawai c.  Strong leadership
d. Membuat perencanaan pengembangan karir pegawai d. Bertanggung jawab
e. Melakukan evaluasi kinerja pegawai e. Soft skill yang baik
f. Memberikan kompensasi dan proteksi pegawai f. Disiplin dan teliti
h.Melakukan pengelolaan hubungan antara manajemen dan karyawan g. Kemampuan memberdayakan pegawai
i. Menciptakan iklim kerja yang kondusif h. Mengelola konflik
  i. Membangun networking
   
14 Manajer Pemasaran a. Membuat perencanaan kerja bidang pemasaran  a. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
b. Mengembangkan strategi pemasaran  b. Memiliki motivasi dan mendorong Tim bekerja dengan baik
c. Melakukan pengawasan terhadap aspek kondisi pasar dan kondisi konsumen c. Mampu Bekerja secara mandiri dan Tim 
d. Mengimplementasikan rencana pemasaran  d. Memiliki kemampuan presentasi yang persuasif
e. Melakukan perubahan strategi pemasaran atas hasil evaluasi yang telah dilakukan e. Memiliki jiwa kepemimpinan dan bertanggung jawab
f. Membuat perencanaan anggaran terkait kegiatan pemasaran  
g. Melakukan identifikasi terhadap kebutuhan konsumen dan pasar  
h. Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan   
i. Melakukan penelitian dan pengembangan produk yang dibutuhkan pasar  
j. Melakukan presentasi rencana pemasaran kepada pimpinan   
k. Melakukan promosi produk  
15 Enterpreneur a. Membuat perencanaan usaha yang akan dibuat sesuai visi dan misi usahanya a. Inisiatif dan kreatif
b. Menyusun kebutuhan anggaran usaha b. Strong leadership
c. Menentukan jenis usaha yang unik c. Mandiri
d. Membangun networking dengan pihak pemerintah, industri dan perusahaan d. Komunikasi dan negosiasi
e. Membuat keputusan strategis mengenai jenis usaha yang akan dijalankan e. Berorientasi pada nilai dan keuntungan usaha
f. Melakuka evaluasi terhadap usaha yang dilaksanakan f. Berani mengambil resiko
  g. Memiliki daya juang yang tinggi
  h. Menyukai tantangan
  i. Visioner

 


Share :


File Nama File Format Type
NULL