VISI MISI PRODI D3 ADMINISTRASI BISNIS (AB)

PROGRAM STUDI D-3 ADMINISTRASI BISNIS (AB), akreditasi B

Program Studi Administrasi Bisnis merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, berdiri tahun 1986, menghasilkan tenaga Ahli Madya yang profesional dalam bidang administrasi pada umumnya, dan administrasi perusahaan khususnya, yang berorientasi pada kebutuhan dunia usaha dan industri. Kurikulum berbasis kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha dan industri, selain itu unggul dalam hal penggunaan teknologi informasi dan penguasaan Bahasa Inggris. Berdasarkan Keputusan BAN PT  No. 013/BAN-PT/Ak-X/Dipl-III/VIII/2010 Program Studi Administrasi Bisnis memperoleh nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sampai dengan 20 Agustus 2015.

VISI dan MISI PROGRAM STUDI D-3 ADMINISTRASI BISNIS (AB)

Capaian Pembelajaran Program Studi D3 Administrasi Bisnis

 PROFIL LULUSAN

Office administrative

Administratif Assistant / Personal Assistant

Supervisor  

Customer Care

Entrepreneur

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis administrasi dan kesekretariatan secara umum dan melaksanakan fungsi administrasi perkantoran
  2. Menguasai konsep teoritis secara umum, metoda dan perangkat untuk melaksanakan fungsi administrasi perkantoran dalam organisasi bisnis
  3. Menguasasi konsep teoritis secara umum tentang metode penyelesaian masalah administrasi, pelayanan prima, teknologi informasi, yang sesusai untuk menyelesaikan masalah bisnis
  4. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru dan terkini
  5. Menguasai konsep umum jenis regulasi bisnis lokal, nasional, regional dan global
  6. Menguasai teori dasar manajemen seperti: manajamen pemasaran, MSDM, manajamen prouduksi, manajemen keuangan
  7. Menguasai teori penulisan proposal dan laporan serta teknik presentasi secara umum menggunakan media audio visual
  8. Menguasai prinsip dan tata kerja peralatan kantor secara umum pada level operasional diberbagai jenis organisasi bisnis
  9. Menguasai teori kepemimpinan dan supervisi secara umum kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  10. Menguasai konsep penyusunan laporan

 

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
  2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
  5. Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  7. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keseluruhan dan mencegah plagiasi.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu melaksanakan serangkaian tugas administrasi perkantoran dalam organisasi bisnis dengan menginterpretasikan informasi
  2. Mampu menggunakan peralatan kantor berdasarkan standar operasional prosedur
  3. Mampu mengelola dokumen berdasarkan standar operasional prosedur
  4. Mampu menyelesaikan pekerjaan administrasi dalam organisasi bisnis dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
  5. Mampu menghasilkan pekerjaan dengan kualitas dan kuantitas yang terukur,
  6. Mampu menyelesaikan pekerjaan secara mandiri
  7. Mampu menyelesaikan pekerjaan administrasi secara efektif dan efisien
  8. Mampu mengetik dokumen secara cepat dan tepat sesuai dengan standar.
  9. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam menyelesaikan tugas administrasi.
  10. Mampu berinisiatif menyelesaikan masalah administratif secara tepat.
  11. Mampu mengelola rapat
  12. Mampu menyusun laporan keuangan sederhana (petty cash)
  13. Mampu mengelola kegiatan kerja pimpinan
  14. Mampu bekerjasama dalam tim
  15. Mampu mengelola informasi di tempat kerja secara cepat dan tepat.
  16. Mampu berkomunikasi dengan baik secara tertulis dan lisan
  17. Mampu berinovasi dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi
  18. Mampu mengorganisir pekerjaan administrasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi berdasarkan SOP
  19. Mampu bertanggungjawab atas pengelolaan informasi bidang administrasi dalam organisasi bisnis
  20. Mampu melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan administrasi yang merupakan tanggungjawabnya secara konsisten
  21. Mampu menggunakan sistem kearsipan secara cepat dan tepat.
  22. Mampu mencegah plagiasi melalui validasi dokumen.
  23. Mampu mendistribusikan dokumen
  24. Mampu melakukan evaluasi kerja tim dalam pekerjaan administrasi
  25. Mampu mengembangkan potensi untuk meningkatkan kinerja tim.
  26. Mampu menyampaikan ide dan gagasan kepada bawahan.

Share :


File Nama File Format Type
NULL